Seni Kaligrafi Sebagai Media Pendidikan - PERS ISBA YOGYAKARTA

Breaking

PERS ISBA YOGYAKARTA

Lembaga Pers Pelajar & Mahasiswa Bangka

Blogroll

- Ads Banner here -

Minggu, 21 Februari 2016

Seni Kaligrafi Sebagai Media Pendidikan

Seni Kaligrafi Sebagai Media Pendidikan
Ajang festival kaligrafi ketiga pada tahun 2015 yang dilaksanakan oleh LKP Jogja Kaligrafi (foto: tuti)
            Seni kaligrafi Arab akhir-akhir ini mulai berkembang cukup pesat dan menjadi inspirasi bagi kalangan muda. Hal ini terbukti dari beragamnya kegiatan seperti seni kaligrafi, musabaqah, pameran, pelajaran formal, festival, seminar dan diskusi yang berkaitan langsung dengan kaligrafi Arab.
            Berbagai kegiatan di atas tidak terlepas dari peran penting lembaga yang mampu menyediakan pelatihan dan kursus. Adapun salah satu lembaga yang menyediakan pelatihan dan kursus tersebut yaitu LKP Jogja Kaligrafi. Sebagaimana lembaga ini telah mengadakan berbagai jenis pelatihan, diantaranya pelatihan menulis Arab 3 jam.
Menurut Nurul Huda selaku Pendiri LKP Jogja Kaligrafi, pelatihan menulis kaligrafi dilakukan di masjid Mujahidin, Jl. Kaliurang KM. 6 Sleman, Yogyakarta. “LKP Jogja Kaligrafi didirikan pada tahun 2011. Lembaga ini didirikan karena mengingat pentingnya peran kaligrafi Arab bagi masyarakat luas, baik dalam dunia pendidikan, musabaqah, dan lain-lain.” Tutur Huda pada Senin, (7/12/2015).
            “LKP Jogja Kaligrafi bertujuan agar kaligrafi Arab dapat dikenal oleh masyarakat luas khususnya pada dunia pendidikan, selain itu betujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang seni kaligrafi yang berupa musabaqah atau lomba dan pelajaran, dan yang utama untuk mensukseskan gerakan bebas buta Baca Tulis Al-Qur’an. LKP Jogja Kaligrafi ini telah membangun kerjasama dengan berbagai intitusi atau lembaga, diantaranya yaitu, PPSDMS Nurul Fikri Yogyakarta Ngabean dan TPQ At-Taqwa Giwangan Kota Yogjakarta pada tahun 2011, SDIT Ar-Raihan Bantul dan MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman tahun 2012, MAPK MAN I Surakarta  dan MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman pada tahun 2013, TPQ Bangun Jiwo Kasihan Bantul tahun 2014, dan pada tahun 2015 pernah berkesajama dengan UKM LPTQ Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).” Jelas Huda
LKP Jogja Kaligrafi telah merancang berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menunjang kesuksesan lembaga, yaitu pada tahun 2011 lembaga ini telah melaksana kegiatan Pelatihan menulis prodi PGMI FTK UIN SUKA, tahun 2012 telah merancang 6 kegiatan penting: Program belajar Al qur’an dan mewarnai Kaligrafi di Rumah Qur’ani di Jaban Sleman Yogyakarta, order karya dari beberapa donatur kegiatan belajar Al Qur’an dan mewarnai kaligrafi, Pengolahan buku serta cover buku 2012  oleh N.Huda, Musa, dan Umi N, tahun 2013 juga telah merancang 13 kegiatan, yaitu Festival Kaligrafi 2013, Kursus Kaligrafi 2013, order naskah, dan Pengelolaan buku kaligrafi 2013 oleh N. Huda, Umi. N, dan Masykur, terakhir tahun 2014 ada berbagai jenis kegiatan diantaranya mengerjakan ornamen masjid mujahidin, penjurian kaligrafi di SMAN 11 Yogyakarta 3, dan Latihan menulis bersama hari jum’at dan sabtu.
            Bagi para anak muda yang tertarik untuk belajar menulis kaligrafi, LKP menawarkan berbagai pelatihan. Pertama, pelatihan menulis Arab sistem 3 jam. Bentuk pelatihannya berisikan materi yang berupa kaligrafi dasar dan model kaligrafi. Pelatihan ini dilaksanakan dengan durasi waktu 3-4 jam dan disampaikan hanya untuk satu kali pertemuan saja, dan biasanya dibuka setiap hari Sabtu dengan kelas pagi (jam 08.00 – 10.00 WIB) dan sore (jam 15.30 – 17.30 WIB). Selain itu, tidak hanya berlatih para peserta juga dipacu untuk terampil menulis kaligrafi. Adapun biaya pendaftarannya cukup dengan Rp. 50.000 saja. Kedua, pelatihan kaligrafi dan berkarya. pelatihan ini bertujuan agar peserta bisa menghasilkan karya dan melakukan pameran kaligrafi. Materi-materi yang disampaikan pun berupa, kaligrafi dasar, model kaligrafi kontemporer, berkarya kaligrafi, dan pengenalan pameran kaligrafi. Pelatihan ini disampaikan untuk sepuluh kali pertemuan yang berdurasikan waktu 2 jam untuk setiap pertemuannya, dan dibuka dengan kelas pagi (jam 08.00 – 10.00 WIB) dan sore (jam 15.30 – 17.30 WIB). Biaya pendaftarannya cukup dengan Rp. 400.000,-. Ketiga,  kursus intensif kaligrafi. Nahh, kursus yang satu ini tepatnya bisa diikuti bagi para pemula, juga para guru atau calon guru Al-Qur’an atau guru Bahasa Arab dan khusus umum. Adapun materi yang disampaikan berupa kaligrafi dasar wajib (Naskhi), kaligrafi dasar pilihan (selain Naskhi), model kaligrafi Naskah, dan praktikum kaligrafi. Pelatihan ini disampaikan dengan 20 kali pertemuan (6 bulan), dengan durasi waktu 2 jam untuk setiap pertemuannya, dan dibuka dengan kelas siang I (jam 10.00 – 12.00 WIB) dan siang II (jam 13.00 – 15.00 WIB). Patokan harga untuk biaya pendaftaranya yaitu Rp. 600.000,-, hal ini tentunya setara dengan apa yang didapatkan peserta, dimana peserta tidak hanya berlatih tetapi kedepannya peserta bisa mengahasilkan karya, bisa mengajar dan melakukan pameran kaligrafi. Keempat. pelatihan kaligrafi dan berkarya sehari. Bentuk pelatihan yang disampaikan berupa kaligrafi dasar, model kaligrafi kontemporer, berkarya kaligrafi, dan pengenalan pameran kaligrafi. Pelatihan ini disampaikan dengan durasi waktu 8 jam untuk satu kali pertemuan saja, yang biasanya bisa dibuka setiap saat dan diadakan secara kolektif sesuai dengan permintaan kelembagaan atau kerjasama. Target pencapaian dari pelatihan ini ialah peserta bisa berkarya dan melakukan pameran kaligrafi. Biaya pendaftarannya pun cukup dengan Rp. 100.000,- saja.
             “Pelatihannya bagus dan sangat bermanfaat. Banyak hal-hal kecil yang aku ga tau tentang kaiah kaligrafi atau tulis Arab yang aku dapatkan ketika mengukti pelatihan itu. Selain itu, menurut aku sistem mengajarnya juga bagus, karena sebelum materinya disampaikan, ustadznya terlebih dahulu mengecek tulisan kita. sehingga beliau tau dimana saja letak kealahan kita dalam menulis”. Ujar Fuadi selaku alumni peserta pelatihan.
            Gimana sob, menarik bukan? Pelatihannya juga ditunjang dengan berbagai fasilitas yang bisa didapatkan, yaitu berupa modul, peralatan kaligrafi, ruang dan peralatan representatif dan sertifikat. LKP Jogja Kaligrafi ini merupakan satu-satunya lembaga yang melayani pelatihan ketrampilan dan kecakapan menulis Arab. So, bagi kamu yang suka dan ingin memperdalam ilmu kaligrafi segera ikut pelatihannya di LKP Jogja Kaligrafi.

Penulis : Tuti Awaliya
Editor   : Rusdiyanto
Sumber : Pers ISBA Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar