Ketua Umum ISBA Jogja: Met Milad ISBA Yogyakarta yang ke-62 - PERS ISBA YOGYAKARTA

Breaking

PERS ISBA YOGYAKARTA

Lembaga Pers Pelajar & Mahasiswa Bangka

Blogroll

- Ads Banner here -

Senin, 20 Maret 2017

Ketua Umum ISBA Jogja: Met Milad ISBA Yogyakarta yang ke-62


Ketua Umum ISBA Yogyakarta, Sepriyogi.


Salam Serumpun Sebelukar,

Salam serumpun sebelukar adalah jargon pembangkit semangat para akademisi Bangka yang tergabung kedalam organisasi daerah yang berada di luar pulau Bangka. Pada tanggal 20 maret 1955 silam di Yogyakarta, terbentuk lah suatu organisasi daerah yang berfungsi sebagai wadah untuk insan akademisi Bangka yang ingin berkumpul bercengkrama, belajar bersama. Organisasi itu bernama Ikatan Siswa Bangka (ISBA) Yogyakarta, yang dimana kacamata para senior terdahulu sebagai pendiri ISBA melihat banyak nya pelajar atau siswa bangka pada waktu itu yang belajar dan menuntut ilmu di Yogyakarta, muncul lah inisiatif membuat perkumpulan putra putri daerah yang berada di perantauan. Setelah melewati beberapa generasi, beberapa lintas waktu, melihat makin banyak minat putra-putri asal Bangka yang melanjutkan studi sebagai mahasiswa di yogyakarta membuat ISBA yang dulu berarti Ikatan Siswa Bangka bergeser menjadi Ikatan Pelajar Mahasiswa Bangka Yogyakarta  tapi tetap disingkat ISBA Yogyakarta.

Diibaratkan pohon, semakin tinggi pohon tersebut, maka semakin kencang hembusan angin yang berusaha menjatuhkan, diibaratkan laut semakin ketengah semakin kuat terpaan gelombang yang berusaha menengelamkan. Begitu pula ISBA Yogyakara dalam menjalankan roda keorganisasiannya, pastinya banyak mengalami kendala – kendala dan cobaan yang menguji mental dan kesabaran anggota. Banyak pula suka duka yang tak luput menghiasi perjalanan panjang ISBA Yogyakarta itu sendiri.

Menelisik kembali pada tanggal 20 maret 1955, tidak terasa sebentar lagi ISBA Yogyakarta sudah menginjak umur yang ke-62 tahun. Dengan umur 62 tahun ISBA Yogyakarta itu sendiri pastinya sudah banyak mendapatkan pengalaman dan banyak hal yang telah dilewati sehingga bisa tetap berdiri sebagai organisasi mahasiswa daerah yang tetap eksis dan setia menemani pelajar mahasiswa Bangka di Yogyakarta hingga saat ini. Bahkan sebagai bukti eksistensi ISBA Yogyakarta itu sendiri, tidak sedikit melahirkan orang-orang yang unggul dan menjadi orang orang yang berpengaruh di bidangnya masing – masing. Banyak nama nama penting yang lahir dari organisasi ISBA Yogyakarta mengisi struktur stategis baik di Bangka Belitung maupun Indonesia antara lain Bapak Eko Maulana Ali yang pernah menjabat sebagai gubernur Bangka Belitung, Bapak Sofian Effendi yang pernah menjabat sebagai rektor ugm, Bapak Jamalludin Ancok yang saat ini merupakan guru besar Psikologi UGM, Bapak Rusli Rahman, Bapak Bustomi Rahman, Bapak Arifin ilyas dan lain lain.

Di satu sisi walaupun keberhasilan para alumni yang penulis sebutkan diatas tidak lepas karena ketekunan dan kerja keras belajar dan berusaha serta berdoa, tetapi di sisi lain ISBA Yogyakarta memiliki bagian dan peranan penting dalam sejarah kehidupan mereka. dan kita sebagai generasi penerus ISBA Yogyakarta sudah seharusnya memiliki kebanggan tersendiri atas pencapaian senior sebelum kita dan pastinya harus termotivasi supaya lebih giat lagi belajar dan berorganisasi, agar kita sebagai generasi penerus bisa seperti mereka, bahkan bisa melampaui mereka. dan dapat pula menjadi contoh bagi generasi selanjutnya.

Dan untuk kita generasi penerus ISBA Yogyakarta, dalam hal ini penulis selaku ketua umum ISBA Yogyakarta 2016/2018 berpesan agar sebagai generasi penerus jangan pernah malu untuk sharing (berbagi pengalaman, bertanya) tentang bagaimana merawat dan menjaga keutuhan organisasi ISBA Yogyakarta ini sebagaimana yang telah di perjuangkan dan di cita – citakan para pendiri dan senior terdahulu. Hilangkan perangai dan jangan lagi mengadopsi kata - kata deg sape negeh ikak, pacel akek ko, hingga dak kawa nyusah atau tutur kata yang kurang bagus maknanya. berfikirlah sebelum bertindak, berjuanglah tanpa ada kepentingan yang mengikat, tetaplah bersabar karena dibalik kesabaran adalah sebuah kemenangan dan kebenaran, dan selalu berhati-hatilah dalam melangkah, karena disetiap rezim selalu ada kelompok pendukung dan penekan, dan kami percaya setiap zaman pasti memiliki pahlawannya masing-masing.

MAJU TERUS ISBA KU!!!
JAYA TERUS ISBA KU!!!
DALAM LANGKAHMU KAMI MENDUKUNGMU,
TERUSLAH MELANGKAH WALAUPUN TERPAAN OMBAK MENHAMTAN DIRIMU,
BAGAIKAN KARANG YANG TETAP KUAT WALAUPUN DITERPA OMBAK BERTUBI-TUBI,
TETAP TUNJUKAN EKSISTENSIMU DI KALA BANYAK ORANG INGIN MENJATUHKANMU,
ENGKAU AKAN TETAP TERUKIR DALAM SANUBARI KAMI SEMUA.

Selamat Ulang tahun yang ke-62 ISBA Yogyakarta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar